Friday, July 4, 2008

Percantik Ruangan Anda dengan Downlight ! (disertai dengan tips pemasangannya)


Mau merubah tampilan ruangan anda menjadi sensasional, hommy and comfort ??! Salah satu alternatifnya adalah dengan penggunaan Downlight sebagai rumah lampu anda. Downlight atau Recessed Light adalah Light Fixture atau Rumah Lampu yang dipasang masuk pada plafon atau langit-langit rumah anda. Sinar lampu yang keluar dari downlight akan terfokus menyinari area di bawahnya dalam bentuk spot light. Cara yang efektif untuk merubah suasana ruangan anda (di malam hari) adalah dengan menggunakan jenis lampu " warm white" pada downlight anda, dimana warna ini akan memberi kesan hangat dan nyaman bagi ruangan dan tentunya mata anda. Jika anda menginginkan downlight yang juga dapat memberikan efek "stylis / modern" pada ruangan anda di siang hari, coba pilih bentuk downlight yang unik dan selaras dengan tema interior anda.

Nah Bagi anda yang ingin memasang Fixture Lamp (rumah lampu) downlight sendiri atau minimal anda bisa mengawasi pekerja anda supaya mendapatkan hasil pemasangan yang rapi dan memuaskan, nah ini tips bagaimana melakukannya :

1. Siapkan gambar layout penerangan anda. Jika tidak ada, buat skesta secara sederhana dimana minimal menjelaskan point-point penting yaitu :
- Jumlah lampu yang akan di pasang- Jarak antar titik lampu
- Jarak antara titik lampu dengan dinding atau partisi terdekat
- posisi saklar
- jenis saklar (tunggal atau ganda)
- Group penerangan (jika lebih dari satu group)

2. Siapkan semua material dan alat kerja yang terkait :
- Armature downlight
- lampu plc (besar watt disesuaikan dengan keinginan)
- Pipa pvc conduit (sebagai pelindung kabel) beserta aksesoriesnya (electrical tape, junction box dll)

3. Mulai memasang !! Tips : coba buat simulasi dulu untuk layout titik-titik penerangannya dengan menggunakan benang dan karton,jika sudah sesuai keingginan barulah lubangi plafon anda sesuai ukuran fixture lamp / downlight anda

4. Setelah terpasang, check jalur rangkaian lampunya apakah sudah sesuai dengan rencana, caranya dengan menghidupkan saklar anda. Jika anda kesalahan segera perbaiki atau minta tukang anda segera memperbaikinya agar waktu dan uang anda tidak terbuang sia-sia.

Sekian tipsnya semoga berguna informasi. Selamat bermalas-malasan di ruangan baru anda !!
Free pdf e-book :
Lights for Art's Sake ---> This book is intended for architects, exhibition designers, lighting professionals, conservation scientists, and museum staff whose work involves them in museum display generally, and in the presentation of art in particular. Generally, the aim of the book is to bring the level of understanding of the visual effects of lighting in museums closer to the current level of understanding of its damaging effects.
Can LED lighting deliver? ---> Incandescent lamps are cheap but tend to have short lifetimes. The light emitted by incandescent sources is perceived as particularly pleasant because these hot radiators generate a continuous (or full) emission spectrum. But this very fact means that they waste much of the electrical energy supplied to them. Compact fluorescent lamps (CFLs) are actually the least compact of all the various lamps commercially available at present. While CFLs are certainly energy efficient, replacing an incandescent light bulb with a CFL is not just a matter of screwing out one lamp and screwing in the other. While the CFL thread fits the lamp holder socket, the lamp doesn’t always suit the luminaire – and it is not uncommon for users to reject the energy-saving CFL on aesthetic grounds.
Lighting design basics ---> A good book for Lighting Design

2 comments:

  1. pak, apa bedanya downlight halogen dengan fluorescent?
    dan kapan kita harus pakai halogen, led atau flourescent?
    terimakasih pak,,,


    i like this blog

    http://karyadavid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Pak David, perbedaannya yang paling mudah adalah dari fungsi penggunaannya. Untuk fluorescent digunakan untuk penerangan umum sedangkan untuk halogen biasanya digunakan untuk menegaskan area atau pointing benda tertentu seperti lukisan sebagai contoh. Nah untuk LED biasanya digunakan dengan alasan ekonomis yaitu menghemat listrik,banyak digunakan di perkantoran atau Showroom, yang faktanya bisa me-reduce biaya listrik yang signifikan.Untuk kekuatan penerangannya pun tidak kalah dari lampu jenis Fluorescent & Halogen.

    ReplyDelete