Thursday, September 11, 2008

EKSPLORASI POLA LINGKARAN LANTAI KERAMIK


Keserasian antara pola plafond dan lantai untuk beberapa ruangan terasa cukup penting. Salah satu contohnya Ruangan Resepsionis sebagai ruangan penyambutan. Salah satu ruangan resepsionis di Jakarta milik Astro TV menghadirkan keserasian tersebut. Karya konsultan Interior, DEDATO, ini menghadirkan pola lantai lingkaran dengan menyesuaikan pola plafond di atas menggunakan produk penutup lantai ex. Ezzensa warba hitam untuk bagian dalamnya dan warna cream untuk bagian luarnya.

Memang tidaklah mudah dalam pelaksanaan pekerjaan pemasangan pola lantai lingkaran ini jika tidak mengetahui langkah-langkahnya. Berikut tips yang bisa anda gunakan untuk berkreasi dengan pola lantai lingkaran ini :

1. Siapkan gambar kerja, dimana yang paling penting adalah titik koordinat dari pusat lingkaran yang akan anda buat (ambil acuan dari salah satu sudut ruangan)
2. Aplikasikan gambar kerja pada lokasi lantai, cari titik pusat lingkaran terlebih dahulu, lalu buat pola dengan menggunakan beberapa alat seperti pipa pvc 1/2" dan paku/spidol yang berfungsi sebagai "jangka" anda. (Jika anda menggunakan spidol pastikan bahwa kondisi lantai existing bersih sehingga cetakan pola lantai yang anda buat dapat terlihat jelas).
3. Setelah pola tergambar, lakukan pemasangan penutup lantai (keramik/granit) mulai dari bagian luar lingkaran. Untuk keramik yang terpasang overlaping melewati batas lingkaran (ke arah dalam) harus dilakukan terakhir(kita sebut keramik outside border). Buat pola lingkaran sekali lagi, kali ini harus menggunakan "jangka" + spidol jenis marker (tidak bisa dihapus), diatas keramik outside border. Segera copot keramik outside border tersebut sebelum adukannya mengering. Jangan lupa angkat kembali adukan semen+pasir yang sudah terpasang dan campurkan dengan adukan lainnya, beri air supaya adukan tersebut bisa dipakai kembali
4. Potong seluruh keramik outside border sesuai dengan pola masing-masing. Usahakan jangan sampai ada sisa bagian keramik yang pecah karena bagian tersebut akan menjadi cetakan untuk keramik Inside Border.
5. Setelah keramik Outside dan Inside Border terpotong maka anda dapat memasang keseluruhan penutup lantainya.
Nah jadinya seperti foto diatas !!

No comments:

Post a Comment