Wednesday, November 12, 2008

INDUCTION STOVES sebagai PELENGKAP INTERIOR DAPUR ANDA..



Halo para bloggers ! Akhirnya bisa isi artikel lagi nih, ini juga dikarenakan karena polemik “Kompor Induksi” atau Induction Stoves / Cooker yang baru saja saya beli di Supermall Karawaci. Singkat cerita waktu itu selepas kerja saya bersama pasangan berencana berbelanja ke Supermall Karawaci. Sesampainya disana saya tertarik melihat sebuah induction stoves produksi Jepang yang dipajang di salah satu stand di bagian lobi barat, tidak lama ada seorang manager sales yang menghampiri untuk menjelaskan fungsi dari kompor tersebut. Menarik memang, sebab fungsi, kecanggihan dan safety dari alat ini menurut saya baik. Tapi setelah mengetahui harganya yang cukup fantastis kami pun bergegas hendak pergi dan mengucapkan terima kasih. Nah ! disini awal cerita serunya, sebelum kami pergi mereka (para sales) berhasil membujuk kami untuk mengambil sebuah undian..dan ternyata kami memenangkan sebuah induction stoves !!! Tapi…syaratnya harus beli barang lain yang nilainya kurang lebih hampir sama harganya (sehingga kita mendapat 2 produk sekaligus)…Hmmm ada yang gak beres nih ! Memang saya lagi butuh kompor sih ….tapi dengan harga yang selangit ?? no..no ..Kayaknya saya sudah pernah mengalami “posisi” pembelian produk seperti. Untuk tahap ini kami berdua dengan mudahnya bisa menolak, tapi ini dia pintarnya sales, dia kemudian menurunkan syarat pembelian produk tersebut dengan boleh membeli produk yang harganya 50 % dari harga kompor induksi (yang menjadi hadiah). Kebetulan mereka menawarkan sebuah Pressure Cooker, wah..ini juga lagi saya butuhkan nih (nantinya..), bimbang deh kami berdua..dan pada akhirnya keluarlah kartu kredit dan debit untuk digesek pada kedua produk tersebut …..

Terlepas bahwa mungkin saya tertipu (karena banyak milis dan blogging yang membahas masalah ini—mudah-mudahan tidak ya…he..he menghibur diri nih) saya akan membahas Induction Stoves / Cooker kaitannya dengan Interior Dapur anda.

Yang paling menarik dari Induction Stoves begitu kita pertama kali melihatnya adalah DESAIN –nya ! Slim, dengan tombol-tombol panel yang canggih (ada juga yang menggunakan ”touch screen”), jumlah serta ukuran stoves / tungku yang bervariasi dan kemampuan untuk mengatur energi / watt listrik yang dikeluarkan untuk memasak sehingga penggunaan listrik dapat lebih hemat, mudah dibersihkan karena permukaannya yang rata (hanya dengan sabun cuci biasa seperti sunlight) dan yang paling penting SAFETY !! Hal ini yang membuat sebuah Induction Stoves merupakan pilihan yang tepat untuk melengkapi Interior Pantry/Dapur Modern anda.

Tips pemasangan Induction Stoves :
1. Sebisa mungkin penempatannya cukup jauh dari posisi Kitchen Sink. Contoh bila Induction Stoves ada di ujung kanan, sebaiknya Kithen Sink anda tempatkan di ujung kiri. Sehingga preparation area berada di tengah-tengah.
2. Pemasangan akan lebih elegan jika dilakukan secara inbow (ditanam) jika tidak ada rencana perubahan posisi, meskipun anda juga bisa memasangnya outbow (hanya ditumpangkan di atas meja dapur)
3. Jika rumah anda bukan di area banjir, tempatkan posisi Outlet Power / Stopkontak di bagian bawah meja atau bagian dalam kitchen set table agar tidak terlihat.

Beberapa keunggulan dari Induction Stoves dalam hal keamanan adalah :
1. Tidak mengeluarkan api karena bekerja dengan sistem induksi.
2. Asap yang keluar dalam jumlah kecil
3. Jika terkena cipratan air atau masakan yang tumpah keatas stove tidak akan menimbulkan konslet / putusnya arus listrik.
4. Kompor akan segera non-aktif jika alat masak kita angkat dari stove / tungku.
5. Stoves/Tungku yang baru digunakan tidak begitu panas jika kita pegang sehingga aman bagi seluruh anggota keluarga.

Kelemahannya yang pasti : Tidak bisa digunakan jika tidak ada listrik ! Jadi tetap simpan kompor gas anda yang lama sebagai cadangan jikalau mendapat pemadaman listrik bergilir ...
Related Site :

1 comment:

  1. Dear all,

    Ini sharing terbaru mengenai induction cooker/ stoves.2 Minggu yang lalu induction cooker milik kami rusak,salah satu panelnya tidak bisa membaca beban panci s/s kami, lalu akhirnya kami harus kembali menggunakan kompor gas. Ada 2 hal yang mau saya bagikan :

    1. Belilah induction stoves yang mempunyai after sales yang baik,karena pengalaman saya kmrn saya harus mengantar alat saya ini ke Customer Servis-nya (di PIK sedangkan saya di Citra Raya Tangerang) untuk diperbaiki,pihak Toko tidak mau mengambil ke rumah karena sudah lewat masa garansi.
    2.Memang ternyata pakai Induction Stoves JAUH LEBIH IRIT!!! Saya hanya mengeluarkan Rp. 20.000/bulan untuk membayar listrik tambahan.Sedangkan jika menggunakan gas bisa habis 6 x dari biaya tersebut.

    ReplyDelete