Monday, September 21, 2009

Tips Instalasi M & E pada Furniture


Hallo para bloggers, senang kembali bisa mengisi artikel blog ini dengan sedikit sharing pengalaman pada project Service Outlet Telkomsel cabang Pamekasan Madura yang telah diselesaikan oleh PT. Louisindo Damai Sejahtera pada awal tahun 2009 ini. Kali ini kita akan membahas tentang instalasi M & E pada furniture,mudah tapi bila kita tidak teliti maka hasil yang dihasilkan menjadi tidak rapi dan merusak tampilan furniture atau interior yang ada. Contoh beberapa kasus adalah :
1. Marking instalasi kabel yang tidak sesuai dengan layout sehingga kabel yang seharusnya rapi terbungkus furniture malah terlihat.
2. Instalasi outlet (power,telepon atau data) pada furniture terlihat tidak rapi karena tidak tersedianya tray untuk penempatan outlet.
3. Posisi Outlet (power,telepon atau data) pada dinding atau partisi tidak disesuaikan dengan rencana layout furniture, sehingga seringkali kita mendapati outlet yang tertutupi oleh credenza atau lemari.
4. Adanya penambahan jaringan IT baik kabel voice, data maupun power.

Jadi sebelum bekerja pastikan dahulu semua gambar kerja merupakan gambar terbaru dan lengkap (ME -- penerangan ,power, voice dan data sesuai dengan kebutuhan owner. Dan jangan lupa cek kesesuaian gambar layout (furniture) dengan gambar M E.

Brosur-brosur Elektrical :
1. Electrical Accesories ex. Clipsal 
2. Low Voltage & Industrial Product ex. Clipsal
3. Clipsal Integrated System
4. Clipsal Datacomms


No comments:

Post a Comment