Monday, August 25, 2008

Tips : Pemilihan Furniture untuk Small Apartment / Small House yang anda sewa


Ubah Rumah/Apartemen Kontrakan anda menjadi "Home Sweet Home".
Mungkin pertanyaan yang muncul adalah "Ngapain kita buang-buang waktu, tenaga dan tentunya uang untuk mengubah atau merenovasi tampilan interior rumah/apartemen kontrakan kita ? Toh itu bukan milik kita !". Well, tentunya meskipun itu hanya tempat tinggal kita untuk sementara tapi bukan berarti kita biarkan hadir dengan tampilan seadanya bukan ? Tempat tinggal yang "hommy" pasti akan berdampak positif bagi seluruh penghuninya. Anggap saja ini "latihan" bagi rumah masa depan anda, bagaimana ? Nah mengenai biaya bagaimana ?

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah tampilan interior anda menjadi "glamour" atau "stylish" dengan menggunakan sedikit dana. Kali ini saya akan membahas tentang pemilihan furniture yang tepat untuk Rumah/Apartemen yang anda sewa, dimana mempunyai luas ruangan yang "mungil" atau kecil. Kita anggap bahwa anda belum mempunyai furniture untuk anda bawa ke rumah/ apartemen kontrakan anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah :
  • Membuat list rencana pemilihan jenis dan pembelian furniture yang sesuai dengan dana dan tempat/space yang tersedia.
  • Usahakan anda survey terlebih dahulu rumah/apartement yang akan anda tempati atau minimal anda minta layout denahnya sebagai acuan anda dalam pemilihan jenis furniture yang tepat.
  • Lakukan pembelian furniture dengan jenis material yang tepat sesuai dengan jenis ruangan. Misal untuk ruangan yang lembab anda sebaiknya membeli furniture dengan material solid wood bukan kayu olahan agar lebih ,
awet.

  • Lakukan pembelian furniture di tempat yang tepat. Jangan terburu-buru, survey beberapa tempat yang dapat memberikan "harga spesial" dengan kualitas material yang baik. Contohnya di daerah Klender,disana anda dapat mencari berbagai jenis furniture dengan berbagai desain dan material yang baik dengan harga kompetitif dan cara pembayaran yang lunak (Bisa pesen dengan hanya DP Rp. 100.000,-)


    • Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tetapkan prioritas kebutuhan anda dalam pemilihan jenis furniture. Mungkin ada yang berpikir Sofa lebih penting daripada Tempat Tidur, atau Lemari Pakaian lebih penting daripada Nakas, dan lain-lain. But anyway, berikut ini adalah kebutuhan furniture yang biasanya muncul pada sebagian besar orang :

      1. Ruang Tidur : Pilih jenis tempat tidur yang dapat anda beli sesuai budget dan pilih ukuran tempat tidur maximum sesuai dengan ukuran kamar anda. Jika memungkinkan anda bisa menambahkan nakas di samping tempat tidur anda dan tentunya lemari pakaian.
      2. Ruang Tamu/Keluarga : Jika ruang anda terbatas, maka pilihlah furniture yang multifungsi. Misal Sofa yang bisa dijadikan "sencondary bed" jika ada tamu yang bermalam. Jangan membeli 1 set kursi/ sofa, tapi belilah bagian yang sesuai dengan kondisi ruangan anda, misal single sofa dengan double seater, dengan pilihan warna yang sesuai sofa anda bisa menjadi focal point pada ruangan ini. Tambahkan karpet dengan warna yang selaras dengan warna lantai. Sediakan TV atau Alat Audio lain untuk memanjakan tamu atau anda sendiri, pilih yang flat screen-wall mounted (jika anggaran memungkinkan). Jangan lupa sediakan rak buku gantung / Hanging Storage untuk menata koleksi buku kesayangan anda.
      3. Dapur : Apapun jenis dapur anda, dapur kotor atau bersih, usahakan agar mempunyai rak penyimpanan yang baik. Artinya dapat menampung seluruh perkakas dapur rumah anda secara rapi dan sebisanya mungkin "tersembunyi". Gunakan Solid Wood untuk Kabinet anda agar tidak lapuk bila terkena air. Tambahkan sepasang kursi "Bar" untuk membuat anda semakin betah memasak di ruangan ini.
      4. Ruang Kerja : Jika anda tidak mempunyai ruang kerja tapi masih ingin menambah furniture untuk menunjang aktifitas kerja anda di rumah,pilihlah meja kerja yang fungsional yang bisa menampung seluruh aktifitas anda misal : meja komputer yang "compact" (1 set komputer, printer, telepon dan rak untuk koleksi lagu atau program anda) tempatkan di sudut ruang tamu/keluarga.
      Sekali lagi ini hanya panduan umum saja, anda mungkin punya prioritas atau ide kreatif lain yang lebih cocok untuk rumah/apartemen anda. Semoga anda terinspirasi....

      Related Article : 10 Tips untuk Ruangan Kecil

      No comments:

      Post a Comment